Apa itu Telnet? Inilah Fungsi dan Cara Kerjanya




Apa itu Telnet ??

Telnet merupakan sebuah protocol client ke server atau server ke client yang mampu memberikan akses remote (jarak jauh) untuk login ke dalam sistem komputer tertentu yang berada di dalam sebuah jaringan, di dalam konteks penggunaan internet. Telnet biasa disingkat dengan TN untuk memudahkan penggunanya.

Telnet bisa juga diartikan sebagai virtualisasi atau emulasi terminal yang menggunakan protocol telnet untuk tujuan mengakses komputer tujuan secara remote. Pada prinsipnya, telnet serupa dengan perintah yang disampaikan oleh server kepada client atau bahkan sebaliknya. Sehingga telnet kadang kala disamakan bentuknya dengan SSH.

Baca juga 



Keduanya memang sama-sama perintah, akan tetapi memiliki definisi yang berbeda diantara keduanya. Pemakaian telnet lazimnya berada di dalam wilayah LAN (Local Area Network) atau jaringan internet yang dipakai oleh sebuah jaringan komputer network secara bersamaan.

Dengan demikian Telnet dan SSH merupakan dua jenis perintah yang jauh berbeda. Telnet memberi perintah eksekusi dari jarak jauh tanpa melakukan enkripsi, sementara SSH menyampaikan perintah eksekusi yang sama-sama dari jarak jauh hanya saja menerapkan kerja enkripsi.

Fugsi Telnet

Telnet sebagai sebuah teknologi paling purna dari teknologi internet tetaplah memiliki fungsi-fungsi yang tidak boleh dianggap remeh temeh. Pendeknya, Telnet mempunyai fungsi untuk mengakses sebuah atau beberapa buah komputer dari jarak jauh. Maka tidak mengherankan, kemampuan inilah yang tadi disebut remote access.

Berkat adanya Telnet, sangat memungkinkan komputer Anda dijadikan sebuah terminal atau telnet server dari komputer lain pada sebuah internet. Berbagai macam layanan yang ada dapat dijalankan secara remote. Desain user interface yang disajikan Telnet termasuk desain yang ramah pengguna.

Karena desain tampilan interface yang baik tersebut maka timbul kesan bahwa Anda tidak sedang mengakses sebuah komputer dari jarak jauh, malah sebaliknya, Anda benar-benar merasakan pengalaman mengakses komputer tujuan dari depan layar komputer itu sendiri. Eksekusi command line menjadi lebih realistis.



Cara kerja Telnet

Adapun cara kerja teknologi telnet yakni memberikan akses secara langsung untuk berbagai layanan yang ada di internet, termasuk penyediaan database. Telnet menggunakan dua jenis program, yakni client dan server. Cara kerjanya adalah software client beroperasi pada komputer. Komputer yang dimaksud berposisi sebagai pihak yang meminta suatu layanan. Sementara, software server merupakan pihak yang menghasilkan layanan tersebut.


Comments

Postingan populer