Pengertian Ssh Server dan Fungsinya


(Sumber gambar : https://www.internetcepat.id)


Apa itu SSH Server?

SSH Server adalah suatu software yang berfungsi untuk menerima request dari client, yang bertugas mendeskripsi enkripsi client dan mengjalankan printah yang di instruksikan client. SSH Server Berjalan pada port 22 dengan TCP Koneksi. Selain itu SSH Juga bisa di pakai untuk melakukan pertukaran data seperti FTP, dengan menggunkan sfpt:// SSH Server dapat berjalan layaknya FTP dengan Secure.

Fungsi SSH Server

  • Menggantikan telnet, rlogin, ftp, dan rsh, salah satu fungsi utamanya adalah untuk menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan. 
  • Melakukan enkripsi terhadap data yang dikirim. 
  • Protokol untuk pertukaran data dalam suatu jaringan. 
  • Otentifikasi, mekanisme untuk memastikan pengirim dan penerima adalah benar dan aman. 
  • Kerahasiaan, memastikan kerahasiaan data yang dikirim agar hanya diketahui oleh penerima dan pengirim.

Cara Kerja SSH Server

Pada saat suatu client mencoba mengakses suatu linux server melalui SSH. SH daemon yang berjalan baik pada linux server maupun SSH client telah mempunyai pasangan public/private key yang masing-masing menjadi identitas SSH bagi keduanya.

Baca Juga




Tahapan Proses Cara Kerja SSH

Client bind pada local port nomor besar dan melakukan koneksi ke port 22 pada server. Client dan server setuju untuk menggunakan sesi SSH tertentu. Hal ini penting karena SSH v.1 dan v.2 tidak kompatibel. Client meminta public key dan host key milik server.

Client dan server menyetujui algoritma enkripsi yang akan dipakai (misalnya TripleDES atau IDEA). Client membentuk suatu session key yang didapat dari client dan mengenkripsinya menggunakan public key milik server. Server men-decrypt session ky yang didapat dari client, meng-re-encrypt-nya dengan public key milik client, dan mengirimkannya kembali ke client untuk verifikasi.

Pemakai mengotentikasi dirinya ke server di dalam aliran data terenkripsi dalam session key tersebut. Sampai disini koneksi telah terbentuk, dan client dapat selanjutnya bekerja secara interaktif pada server atau mentransfer file ke atau dari server.


Sekian artikel kali ini mengenai SSH Server semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian.



https://teknologitheseries.blogspot.com

Comments

Postingan populer